dragonfish

Arwana termasuk dalam kelompok ikan primitif. Berbagai fosil ikan ini ditemukan diberbagai tempat dan diduga berumur antara 10 -60 juta tahun (tergantung pada spesies dan tempatnya). Mereka telah berevolusi selama lebih dari 10 juta tahun, sehingga ikan ini boleh dikatakan merupakan ikan yang tahan banting dan berumur panjang. Arwana digolongkan dalam famili ikan “karuhun”, yaitu Osteoglasidae atau famili ikan “bony-tongue” (lidah bertulang), karena bagian dasar mulutnya berupa tulang yang berfungsi sebagai gigi. Arwana memiki berbagai julukan, seperti: Ikan Naga (Dragon Fish), Barramundi, Saratoga, Pla Tapad, Kelesa, Siluk, Kayangan, Peyang, Tangkelese, Aruwana, atau Arowana, tergantung dari tempatnya.

Sebagai ikan purbakala, arwana memiliki bentuk dan penampilan cantik dan unik. Tubuhnya memanjang, ramping, dan “stream line”, sedangkan gerakan renangnya sangat anggun. Di alam arwana memiliki warna bervariasi dari hijau, perak, sampai merah. Dua buah sungut tampak mencuat dari bibir bawahnya. Sungut ini berfungsi sebagai sensor getaran untuk mengetahui posisi mangsa di permukaan air. Para akuaris memasukan sungut ini dalam kriteria penilaian keindahan ikan yang bersangkutan.

Arwana merupakan ikan berukuran besar dan kadang-kadang bersifat agresif, sehingga tidak semua orang tertarik memelihara arwana. Dengan ukurannya yang besar diperlukan ukuran akuarium yang lebih besar daripada ukuran akuarium standar. Secara potensial arwana mempunyai laju pertumbuhan tinggi, terutama apabila diberi pakan berprotein tinggi. Dalam akuairum arwana bisa tumbuh hingga sekitar 60 cm , sedangkan di alam bisa mencapai 90 cm lebih, bahkan pada jenis tertentu bisa mencapai 270 cm (arwana asal Amerika Selatan).

Arwana merupakan ikan perenang atas, betuk mulutnya sangat jelas menunjukkan hal ini. Di alam mereka biasanya berenang di dekat permukaan, dan berburu mangsanya berupa serangga. Oleh karena itu pemberian makan arwana bukan merupakan hal sulit selama kita tahu bahwa mereka adalah “surface feeder”. Pada umumnya arwana bukan termasuk pemilih dalam hal makanan, mereka dapat menerima segala jenis pakan untuk ikan karnivora, tetapi seringkali mereka jadi sangat menyukai salah satu jenis pakan saja, dan menolak janis lainnya.

Arwana merupakan ikan peloncat, di alam mereka bisa menangkap serangga yang bertengger pada ranting diketingian 1-2 meter dari permukaan air. Oleh karena itu perlu diperhatikan untuk menutup dengan baik akuarium apabila ingin memeliharanya dalam akuarium.

Boleh dikatakan arwana termasuk tahan terhadap serangan berbagai penyakit. Akan tetapi mereka sensitif terhadap perubahan kualitas air, terutama terhadap peningkatan kadar amonia, nitrit dan nitrat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s